GURU PROFESIONAL HARUS KEDEPANKAN TANGGUNG JAWAB

rektorGuru profesional harus lebih mengedepankan tanggung jawab, baik kepada peserta didik, institusi, profesi maupun masyarakat, dari pada menuntut hak, kata Ketua Panitia Sertifikasi Guru Rayon 11, Dr Rochmat Wahab.

“Oleh karena itu, guru profesional perlu meningkatkan terus perbaikan kinerja sebagai wujud profesionalisme, baru menuntut hak untuk peningkatan kesejahteraan, jaminan kesehatan dan keselamatan,” katanya di Yogyakarta, Sabtu.

Namun, menurut dia pada upacara pemantapan sertifikasi guru di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), perlu dimaklumi jika masih ada persoalan terkait dengan pencairan tunjangan profesi guru akhir-akhir ini.

“Masalah itu diharapkan tidak berpengaruh terhadap kinerja guru profesional karena pemerintah terus mengupayakan penyelesaiannya,” kata Rochmat Wahab yang juga Rektor UNY.

Ia mengatakan, hampir setengah abad posisi guru relatif termarjinalkan dan kurang mendapatkan penghargaan yang memadai, jadi sudah sewajarnya jika saat ini guru bersyukur karena posisinya semakin mendapatkan tempat, perhatian, pengakuan, dan penghargaan.

Setiap guru yang telah mendapatkan sebutan guru profesional sepatutnya menjaga martabat dan harga diri. Guru profesional adalah orang yang sudah matang, dewasa, dan amanah, bukan anak-anak lagi atau tidak dapat dipercaya.

“Sebagai orang yang terpercaya, guru seharusnya dapat bekerja secara mandiri, independen, dan bertanggung jawab. Jangan sampai terjadi, secara formal sebagai guru profesional tetapi kinerjanya relatif amatir,” katanya.

Menurut dia, dalam membangun sekolah yang efektif, peran guru dan kepala sekolah sangat menentukan. Jika guru dan kepala sekolah berkualitas dengan sendirinya akan mudah dalam membangun sekolah berkualitas.

“Jika sekolahnya berkualitas, dapat diyakini proses pendidikannya juga berkualitas, dan pada akhirnya lulusannya pun berkualitas yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” katanya.

Iklan

2 Tanggapan

  1. saya ucapkan ”TRIMAKASIH YANG SEBESAR BESARNYA” kepada guru SD N Gambiranom yang telah mendidik dam membimbing saya hinga bisa menjadi diri saya yang sekarang…..

  2. saya ucapkan ”TERIMA KASIH YANG SEBESAR BESARNYA” kepada guru-guru SD N Gambiranom yang telah mendidik dam membimbing saya hinga bisa menjadi diri saya yang sekarang…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: