Baru 19 Persen SD Miliki Sarana Multimedia

faci_clip_image004_0000Dicuplik dari Kompas, 5 Feb 2009. Baru sekitar 19 persen sekolah dasar di Indonesia memiliki sarana multimedia. Adapun SMP yang memiliki perangkat multimedia sekitar 47,8 persen dan SMK serta SMA sekitar 75 persen, kecuali SMA swasta baru sekitar 50 persen.

Tahun ini perangkat multimedia di SD ditargetkan bisa mencapai 30 persen dari junlah sekolah. Adapun untuk SMP naik 10 persen, serta SMA dan SMK bisa mencapai 100 persen.

Direktur Pembinaan SMK Depdiknas Joko Sutrisno, Rabu (4/2) mengatakan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk sekolah sudah mutlak. Selain untuk membantu pembelajaran di sekolah sehingga lebih menarik, penguasaan berbagai sarana multimedia juga akan membantu siswa untuk bisa memenuhi tuntutan dunia kerja.

Dari ulasan berita di atas, perlu adanya perencanaan infrastruktur yang mendukung terbentuknya smart classroom atau kelas kelas yang dilengkapi dengan multi media.

tw9511. Pemilihan LCD Projector : pemiihan LCD projector didasarkan atas komponen harga, volume ruangan, ketersediaan barang, after sales yang mudah, dan kualitas yang baik. Pemilihan tipe projector dapat bersumber dari sini, kemudian tipe yang kita pilih disesuaikan dengan layar dan luas ruanganatau Throw distance dari kapabilitas projector. Ada tools yang menarik untuk menghitung berapa jarak yang dibutuhkan sebuah projector untuk ukuran layar yang tersedia. Tools dapat digunakan dari link ini .  Dari perhitungan ruangan maka terpilih sebuah produk yakni Toshiba TDP SP1 dengan spesifikasi seperti di sini.   Dengan perkiraan harga sekita $590 . Tidak hanya itu , kita juga harus memperhitungkan layar. Karena Screen Projector akan diletakan di depan kelas dan mungkin saja akan menutupi whiteboard yang ada maka pemilihan layar jatuh pada Motorized Screen yag dapat dinaik turunkan dengan remote control.  Layar kita memilih brite screen type BR-3636 dengan HPS sekita 2 jutaan, kemudian jangan lupa karena projector ini dipasang di ceiling maka kita butuh ceiling bracket projector , beserta kabel rgb dan svideo yang sesuai dengan panjang ruangan tersebut.  Setelah melalui survei perkiraan instalasi projector beserta socket nya adalah sekita 2..5 Juta dengan komponen kabel  terbaik.  Tentunya kita juga akan melengkapi interior ruangan multimedia ini dengan stage atau meja console untuk menempatkan alat alat  multimedia  atau PC/NB yang akan berhubungan dengan projector. Ruangan ini hendaknya juga dilengkapi dengan support untuk kelistrikannya, jaringan internet / LAN yang secara estetika dikumpulkan dekat stage atau meja control.

cm2pic2. Electronic White board. Electronic white board dibutuhkan karena selain befungsi sebagai digital whiteboard yang terintegrasi dengan sistem komputer, juga dapat dioptimalkan sebagai layar tochscreen yang besar. sehingga guru dan siswa akan dapat menciptakan proses belajar dan mengajar yang interaktif dan menarik. Alat dengan merek Onfinity dipasaran ini hanya seharaga sekitar 6 jutaan saja. harga yang termasuk murah dibandingkan dengan menggunakan papan elektronik seperti panaboard atau sejenisnya.  Spesifikasi dan harga bisa didapatkan dari sini.

3. PC Networked based dan Sharing peripheral: Tentunya komponen PC yang terkoneksi dengan jaringan baik wired ataupun wireless menjadi penting dalam membentuk multimedia room.  PC ini diharapkan mampu secara teknis dan berstandar ISO 9001:2000  yang mampu handling perangkat perangkat multimedia seperti movie maker, sound production, animasi dan sebagainya. Pilihan jatuh ke produk Acer aspire M5641 yang ternyata banyak dipakai pada proyek proyek DAK di sekolah sekolah sesuai dengan juknis .

4. Software Edutainment, sebagai konten dari multi media ini banyak tersedia program program dari Pustekkom yang mendukung pembelajaran di sekolah dasar. selain itu program seperti macromedia flash dan animasi perlu juga dipelajari untuk membuat simulasi simulasi materi pembelajaran di sekolah.

Mungkin cukup disini dulu, berikut kita akan lanjutkan tentang penyusunan proposal dan RKS dalam pengadaan alat lat multimedia berbasis IT, dalam tulisan berikutnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: